Senin, 01 Juni 2015

Menjahit Luka

Cara Menjahit Luka Pada Pasien


Tujuan Cara Menjahit Luka Pada Pasien adalah sebagai instruksi bagi petugas UGD dalam melakukan penjahitan pada pasien sehingga tidak terjadi infeksi yang disebabkan oleh luka tersebut.


Definisi Tata Cara Menjahit Luka Pada Pasien
Luka adalah keadaan hilang atau terputusnya kontinuitas jaringan. Penjahitan luka (hecting) dilakukan pada luka robek kyang bersih dan diyakini tidak mengalami infeksi serta berumur kurang dari 8 jam boleh dijahit primer. Sedangkan luka yang terkontaminasi berat dan tidak berbatas tegas sebaiknya dibiarkan sembuh per secundam atau per tertiam.
Penyembuhan luka dapat terjadi secara :
  1. Per priman, yaitu penyembuhan yang terjadi setelah segera diusahakan bertautnya tepi luka biasanya dengan penjahitan
  2. Per secundam, yaitu luka yang tidak mengalami penyembuhan per priman, biasanya dijumpai pada luka infeksi, luka dengan kehilangan jaringan. Luka Jenis ini biasanya dibiarkan terbuka.
  3. Per tertiam atau per priman tertunda, yaitu luka yang dibiarkan terbuka, selama beberapa hari setelah tindakan debridement, setelah diyakini bersih, maka tepi luka dipertatkan.
Alat dan Bahan 
  1. Sarung tangan steril
  2. Kasa Steril 
  3. Obat Anastesi local seperti Lidokain ampul
  4. Plester / Verban
  5. Cairan garam fisiologis (NaCl 0,99%)
  6. Larutan antiseptik (providone iodine) 
  7. Spuit 3 cc atau 5 cc
  8. Peralatan penjahitan luka (heating set) : Jarum jahit bedah lengkung, Pinset sirurgis, Pinset anatomis, Pemegang jarum (needle holder), Klem arteri, Gunting, Benang catgut, Zyde, Bak instrumen
Jenis Benang Untuk Menjahit Luka Pada Pasien
  • Seide (silk/sutra) ; Bersifat tidak licin seperti sutra biasa karena sudah dikombinasikan dengan perekat, tidak diserap oleh tubuh. Pada penggunaan disebelah luar, maka benang harus dibuka kembali. Berguna untuk menjahit kulit, mengikat pembuluh arteri besar. Ukuran yang sering digunakan adalah nomor 2 nol 3 nol, 1 nol dan nomor 1.
  • Plain Catgut ; Bersifat dapat diserap tubuh, penyerapan berlangsung dalam waktu 7-10 hari dan warnanya putih kekuningan. Berguna untuk mengikat sumber pendarahan kecil, menjahit subcutis dan dapat pula digunakan untuk bergerak dan luas lukanya kecil. Benang ini harus dilakukan penyimpulan 3 kali karena dalam tubuh akan mengembang. Bila penyimpulan dilakukan 2 kali saja akan terbuka kembali.
  • Chromic Catgut ; Bersifat dapat diserap oleh tubuh, penyerapannya lebih lama yaitu sampai 20 hari. Chromic Catgut biasanya menyebabkan reaksi inflamasi yang lebih besar dibandingkan dengan plain Catgut. Berguna untuk penjahitan luka yang dianggap belum merapat dalam waktu 10 hari dan bila mobilitas harus segera dilakukan.

 Cara Menjahit Luka Pada Pasien

     Adapun Cara Menjahit Luka Pada Pasien yaitu sebagai berikut :
  1. Menyapa dan menjelaskan kepada pasien tentang tindakan yang akan dilakukan
  2. menyiapkan alat-alat serta obat yang akan dipergunakan
  3. Atur posisi pasien untuk mempermudahkan dalam melaksanakan tindakan
  4. Lakukan evaluasi luka.
  5. Anamnesis :Pemeriksaan fisik ; (a) Lokasi, untuk petunjuk kemungkinan adanya cedera pada struktur yang lebih dalam, (b) Eksplorasi, untuk menyingkirkan kemungkinan cedera pada struktur yang lebih dalam, menemukan benda asing yang mungkin tertinggal pada luka serta menentukan adanya jaringan yang telah mati.
  6. Bersihkan luka dari kotoran dengan cairan garam fisiologis (NaCl 0,9%). Hilangkan semua benda asing dan eksisi semua jaringan mati. tepi compang-camping sebaiknya segera dibuang.
  7. Jika luka sudah bersih lalu olesi dengan betadine
  8. Lakuakan penjahitan luka tergantung lokasi dan kedalaman luka
  9. Beri betadine pada permukaan penjahitan luka, tutup luka dengan menggunakan kasa steril dan plester menggunakan verban
  10. Selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar